Berapa Biaya Kuliah Daring?

1
453
views

Sejak 16 Maret 2020 lalu, kampus memutuskan uituk meniadakan aktifitas belajar mengajar di kelas selama 2 pekan. Penyebabnya adalah wabah virus Corona (Covid-19). Untuk menjamin kegiatan belajar mengajar tetap berlangsung hampir semua kampus menyarankan kuliah daring (online) tidak terkecuali Universitas Trunojoyo Madura.

Sontak keputusan tersebut membuat dosen yang belum terbiasa melakukan perkuliahan menggunakan e-learning kebingungan, terutama dosen-dosen senior yang selama ini hanya mengajar dengan kelas konvensional. Bingung dengan Virus dan bingung gimana caranya kuliah daring.

Namun tulisan saya kali ini tidak akan membahas kebingungan atau bagaimana cara melakukan kuliah daring. Karena saya sudah terbiasa menggunakan google classroom disetiap kelas saya, tinggal belajar sedikit mengintegrasikan dengan google calendar dan google meet. Saya lebih tertarik ngulik biaya untuk melakukan kuliah daring menggunakan fasilitas video conference google meet.

Kuliah Daring Via Google Meet

Tiba waktunya, jadwal saya kuliah Senin, 23 Maret 2020, Pukul 13.00. sebelum memulai perkuliahan saya minta mahasiswa yang akses internetnya teathring dari smartphone untuk mencatat sisa quota paket data sebelum dan setelah video conference, untuk mengetahui seberapa banyak quota yang terpakai. Tentu saya juga melakukan hal yang sama.

Dari hasil penghitungan saya, kuliah daring dengan platform google meet dari jam 13.00 sampai dengan jam 14.50 menggunakan teathring handphone dengan operator XL, quota saya terpakai sebanyak 0,9GB atau setara dengan 900Mb. Itu tanpa memperhitungkan pembagian download dan upload. Yang jelas totalnya 900Mb selama 1 Jam 50 Menit, atau setara 170 menit.

Dikutip dari CNN Indonesia  bahwa harga paket data di Indonesia berada di harga Rp 14 hingga Rp 23 untuk setiap Mb. Saya menggunakan data tarif tersebut karena Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia (BRTI) belum mengatur tarif dasar internet. Dari data harga diatas kalu kita ambil harga tengah sekitar Rp 19/Mb. Maka dengan asumsi tarif ini dapat kita hitung biaya kuliah daring yang menghabiskan 900Mb (Rp 19 x 900Mb) dihasilkan Rp. 17.100 untuk durasi 170 menit. Itu dari sisi saya sebagai pengajar.

Sedangkan dari sisi mahasiswa bervariasi konsumsi quotanya maka saya rata-ratakan menjadi 470 Mb dengan durasi yang sama dengan durasi saya, yaitu 170 menit. Maka dari sisi mahasiswa mengeluarkan biaya kira-kira Rp 8.930. Nah, sekarang tinggal hitung berapa SKS anda kuliah selama sepekan.

Itulah perkiraan harga yang harus dibayarkan untuk kuliah daring dari sisi dosen dan mahasiswa. Namun sekali lagi hitungan diatas hanya dari studi kasus saya, tentu akan berbeda-beda setiap kasus, tergantung operator yang digunakan, perangkat yang digunakan serta lokasi dilaksanakannya kuliah daring. Kita tahu bahwa tarif dasar internet di Jawa dan Indonesia bagian timur berbeda.

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here